WHAT'S NEW?
Loading...

Game-game Pertama yang Hadir di Platform Terkenal

Game telah hadir pertama kali sejak tahun 1962 dengan nama Space War, dan industri game makin berkembang dan menjadi salah satu industri hiburan terbesar saat ini. Game pertama di dunia ini dirilis pertama kali di komputer PDP-1, yang merupakan salah satu nenek moyang perangkat komputer. Di industri game saat ini sudah sngat banyak platform game lain selain komputer, dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masih. Nah taukah temen-temen game-game apa saja yang pertama kali dirilis di generasi pertama masing-masing platform raksasa. Kali ini DuaPitu akan membagikan listnya ke temen-temen sekalian.

SpaceWar untuk platform PC


Mari kita mulai dengan Game pertama untuk perangkat PC yaitu game arcade dengan  judul Spacewar yang dibuat pada tahun 1962 oleh 4 orang Mahasiswa MIT, yaitu Steve Russell, Martin Graetz, Pete Simson dan Edwards. Game ini dibuat untuk perangkat minicomputer PDP-1 dimana game ini bertujuan untuk mengubah persepsi masyarakat mengenai computer yang pada masa itu hanya digunakan sebagai perangkat untuk keperluan pekerjaan dan penelitian saja. Game ini bisa dibilang nenek moyang dari semua game arcade dengan mengambil tema pertarungan luar angkasa, gameplay dari game ini sangat sederhana dimana dua plalyer mengontrol masing2 pesawat spaceship dan mencoba untuk saling menghancurkan satu sama lain.

Six variations of Pong untuk console Nintendo


Selanjutnya yaitu game pertama di platform Nintendo. Color TV games merupakan console game pertama yang dibuat oleh Nintendo, berupa console yang tanpa menggunakan katrid game. Generasi pertama dari console ini sendiri yaitu Color TV Game 6 yang pada video sebelumnya kita sudah bahas konsol ini hadir dengan 6 varian game Pong seperti Tennis, Hockey dan Volleyball yang bisa dimainkan single maupun doubles. Game pong inilah yang menjadi game pertama yang dapat dimainkan di console pertama milik Nintendo.

Ridge Racer untuk console Playstation

 https://www.retrogamer.net/wp-content/uploads/2015/08/ridge_racer_revolution-616x462.png
Ridge racer merupakan game racing arcade series yang di developed dan di published oleh Bandai Namco untuk perangkat multi platform. Ridge Racer memulai debutnya pada tahun 1993 untuk perangkat arcade. Untuk playstation sendiri yang merilis konsol generasi pertama mereka pada tahun 1994, ridge racer merupakan game pertama yang dapat berjalan pada konsol milik SONY ini dengan code SCES-00001. Ridge racer juga merupakan seri racing games yang tertua dan masih eksis hingga saat ini, terhitung sudah 28 seri sejak pertama kali rilis pada tahun 1993 dan telah hadir di semua platform gaming.

Air Force Delta Storm untuk Console Xbox

https://i.ytimg.com/vi/YNjs5z4DQcc/hqdefault.jpg
Last but not least adalah Game pertama yang dirilis untuk console Xbox yaitu game yang bergenre flight fighting simulator dengan judul airforce delta storm, game ini memiliki nama yang berbeda di setiap region, untuk di jepang game ini dikenal dengan airforce delta ii sedangkan untuk wilayah eropa dikenal dengan deadly skies. Game ini dirilis pada 15 november 2001 untuk wilayah amerika utara dan berselang 1 tahun dirilis untuk region lainnya. Game ini merupakan sequel dari game Airforce Delta untuk perangkat Sega Dreamcast. Gameplaynya sendiri adalah player dapat mengendalikan pesawat tempur untuk menghancurkan pesawat musuh untuk menyelesai setiap misi. Dalam seri ini terdapat fitur world map dimana player dapat berpindah tempat melintasi peta melalui checkpoints untuk memulai sebuah misi.

Ok guys Itulah list dari game2 pertama yang dirilis untuk platform gaming popular. Kalo teman2 mempunyai list game pertama untuk platform yang tidak masuk dalam list bisa di tulis di kolom komentar. Dan jika teman2 suka dengan konten ini jangan lupa untuk like dan share ke teman2 kalian.


0 komentar:

Post a Comment