WHAT'S NEW?
Loading...

Konsol Generasi Pertama Dari Setiap Raksasa Konsol






Microsoft - Xbox


Kita mulai list dari home konsol yang paling muda, yaitu DirectX Box atau lebih familiar dengan nama Xbox yang merupakan konsol buatan Microsoft yang dirilis pada tahun 2001 untuk wilayah amerika utara dan setahun kemudian dirilis secara global ke region lainnya. Konsol yang digadang2 akan menyaingi Playstation 2 milik SONY, Dreamcast milik SEGA dan GameCube milik Nintendo, Dibandingkan dengan rival2nya Xbox mengusung standar pc fitur dengan 733MHz Processor Intel Pentium 3 dan merupakan konsol pertama built-in hard-disk sebagai penyimpanan. Fitur lainnya yaitu streaming service dan juga online service yang kita kenal dengan Xbox live. Xbox sendiri terjual lebih dari 24 juta unit hingga dihentikan produksinya pada tahun 2006 dan dilanjutkan oleh seri konsol Xbox 360.

SONY - Playstation


Lanjut ke list selanjutnya ada Sony – playstation. Siapa yang tidak mengenal konsol yang satu ini, playstation 1 merupakan salah satu konsol yang paling sukses pada masanya yang berhasil terjual hingga 100 juta unit sejak pertama kali di rilis pada tahun 1994 untuk wilayah jepang dan satu tahun kemudian ikut dirilis pada region lain. Playstation 1 sendiri awalnya merupakan project kerja sama antara SONY dan Nintendo yang mencoba membuat konsol Super NES CD-ROM dimana konsol ini build in katridge game SNES dan juga support CD-ROM. Namun sayangnya project dari kedua raksasa gaming ini tidak berjalan lancar sehingga SONY memutuskan untuk membuat konsol nya sendiri yang kita kenal sekarang ini dengan nama Playstation 1

SEGA – SG-1000

Lalu kita mundur sedikit kebelakang ada Konsol pertama milik Sega yaitu Sega Computer Videogame atau bisa disebut SG-1000, dengan system katrid bases video game. Konsol yang rilis pada tahun 1983 diciptakan oleh Hayao Nakayama yang merupakan presiden dari Sega Enterprises pada masa itu. Dijual dengan harga JPyen15.000 SG-1000 menuai Kesuksesan yang luar biasa hingga membuat Sega Enterprises masuk ke daftar top 5 arcade game manufacturers di united state dengan nilai perusahaan mencapai US$214 juta. Uniknya jadwal rilis dari konsol ini bersamaan dengan rilisnya Nintendo famicom/Family computer di Jepang.

Nintendo – Color TV-Game 6


Selanjutnya ada Konsol pertama milik Nintendo yaitu Color TV-Game 6 yang merupakan konsol pertama yang dapat berjalan pada tv berwarna. Konsol ini rilis pada tahun 1977 dan hanya rilis untuk wilayah jepang saja. Konsol ini hanya support 1 game Light Tennis dengan gameplay yang mirip dengan game arcade Pong yang dapat dimainkan dengan 2 player. Konsol ini terbilang sukses dengan penjualan mencapai jutaan copies dan cukup untuk membuat sequel selanjutnya dengan nama Color TV-Game 15.

Magnavox Odyssey

Dan list terakhir yaitu home konsol tertua dan pertama di dunia. Magnavox Odyssey merupakan komersial game konsol pertama di dunia, konsol ini di ciptakan oleh Ralph H. Baer yang dibantu dengan beberapa anggota tim pengembangnya di Sanders Associates, konsol ini dirilis oleh perusahaan asal amerika Magnavox dan pertama kali di pasarkan pada tahun 1972 dan rilis di luar amerika pada tahun berikutnya. Tampilan dari Odeyssey konsisten dengan warna hitam, putih dan coklat, dengan dilengkapi dua buah controller persegi panjang. Tampilan yang dapat dijalankan oleh konsol ini berupa tiga titik persegi warna hitam dan putih monokrom. Dengan behavior berbeda untuk setiap titik tergatung dari game yang dimainkan, konsol odyssey generasi pertama ini belum men-support audio. Ide awal dari pembuatan game ini adalah mundur 3 tahun dari tahun rilis Magnavox Odyssey dan setelah pertama kali rilis pada tahun 1972 konsol ini terjual sampai 350.000 unit hingga pada tahun 1975 produksi dari konsol ini berhenti. Total ada 28 jenis game yang dapat dimainkan di odyssey generasi pertama baik itu game yang telah include dalam konsol ataupun game yang dapat dibeli terpisah dengan harga mulai dari US$5.49.

Itulah top 5 list dari home konsol pertama di dunia. Dalam list ini Apakah ada dari teman2 yang pernah memainkan salah satu dari konsol dalam list ini, pastinya ada yaa kan atau kah pernah memainkan semuanya, hehehe... jadi ketahuan umurnya. Tulis di kolom komentar, dan jngan lupa like dan share konten ini jika kalian suka.


0 komentar:

Post a Comment