WHAT'S NEW?
Loading...

Cara Burning File ISO ke DVD

Kali ini saya akan membagikan tips jitu untuk memburning file ISO kedalam DVD kosong kita untuk keperluan menginstall OS. Pada tutorial ini kita akan menggunakan aplikasi Power ISO untuk menjalankan proses burning.

Jadi teman2 yang sudah memiliki file ISO sekarang juga harus punya aplikasi Power ISO yang akan digunakan untuk memburning dan juga pastinya sebuah Disk DVD kosong dengan kapasitas yang cukup untuk menampung file ISO nya nanti. Jika semua perlengkapan sudah ada, sekaran teman2 buka aplikasi Power ISO terlebih dahulu dan ikuti langkah2nya dengan tepat.



Jika muncul jendela dialog seperti ini, maka klik Continue unregistered.


Nah di sebelah kanan muncul gambar CD berwarna kuning. Maka jika anda ingin mengganti namanya, bisa anda lakukan dengan melakukan klik kanan tepat pada ikon CD tersebut, lalu pilih Rename.


Sekarang kliklah ikon Burn pada toolbar Power ISO.


Centanglah radio button pada Image File. Itu artinya anda disuruh memilih file Image ISO yang akan kita burning. Lalu silahkan browse file ISO teman2.


Pada contoh ini saya menggunakan file Image ISO Windows 7. Ingat, yang anda pilih harus file image ISO. Bukan file setup dan sejenisnya. Jika anda masih bingung bagaimana cara mengetahui apakah sebuah file itu iconnya seperti CD Jika sudah anda pilih, maka sekarang kliklah tombol Open.


Selanjutnya pada bagian Burning Drive tentukan lokasi DVD kosong yang akan dijadikan wadah. Caranya klik tanda panah kecil disebelah kanannya, kemudian pilih pada device mana DVD anda berada. Jika sudah maka kliklah tombol Burn.


Nah sekarang proses burning file Image ISO langsung berjalan. Tunggulah proses ini sampai tuntas 100%.

Jika yang muncul seperti ini, berarti anda sudah berhasil membakar sebuah file Image ISO ke dalam sebuah DVD. Dan secara otomatis biasanya DVD yang terdapat pada device DVD ROM akan langsung keluar secara otomatis. Sekarang kliklah tombol Exit.


Jika anda penasaran, apakah benar DVD tersebut sudah berisi file Installer Autorun Windows 7, maka coba masukan kembali ke DVD ROM. Jika yang muncul seperti gambar diatas, maka itu tandanya sudah berhasil. Tapi jika anda masih belum puas, coba cek lagi pada windows explorer.


Sekarang anda tinggal mengecek apakah DVD kosong tadi telah terisi dengan file ISO yang kita Burning tadi. Dan jika sudah silahkan gunakan DVD tersebut untuk menginstal di PC ataupun Laptop teman2.

0 komentar:

Post a Comment