WHAT'S NEW?
Loading...

Glitch atau Bug Yang Malah Dipertahankan Dalam Game

Glitch atau bug merupakan istilah kesalahan fungsi coding program dari sebuah game. Bug atau glitch ini hampir ada di setiap game dan kadang membuat geram player yang memainkan game tersebut, tak jarang sebuah game mendapat rating yang buruk karna adanya bug tersebut, apalagi di era sekarang dimana teknologi makin canggih makanya player berfikir kenapa masih bisa ada bug atau glitch. Maka dari itu setiap developer harus bekerja cepat untuk memperbaiki setiap bug atau glitch agar mereka tidak kehilangan antusias dari player.

Tapi tak jarang bug/glitch malah menjadi suatu hal yang menarik bagi player. Bahkan ada beberapa developer yang malah mempertahankan bug tersebut hingga menjadi bagian dari sebuah game. Dan berikut ini list dari 7 bug yang malah menjadi bagian dari game. Ok lets begin the list

Yang pertama ada karakter Spy Di game Team Fortress 2

https://pre00.deviantart.net/4b8f/th/pre/f/2013/013/7/3/team_fortress_2_wallpaper_happy_spy_by_dunkmovies-d5rg9xh.jpg
Pada awalnya, karakter Spy ini tidak ada di dalam cerita game Team Fortress, sampai kemudian mereka malah harus bersyukur dengan kesalahan program tersebut. Salah satu fitur keren game ini yakni adanya nama pemain yang akan ditampilkan di atas kepala karakter, sehingga kita dapat mengetahui mana teman dan musuh hanya dengan melihat warna teks nama pemain tersebut. Lalu, sampai pada akhirnya terdapat sebuah glitch, yang mana nama warna teks musuh sama dengan warna nama text milik teeman setim.
Sudah pasti glitch tersebut malah membuat mereka terkecoh karena menganggap musuh adalah teman. Tapi, glitch ini justru dimanfaatkan dengan baik dan menjadi inspirasi bagi valve sebagai developer dari game ini untuk menciptakan sebuah karakter baru yang diberi nama Spy dengan kemampuannya dapat menyamar menjadi musuh.

Balok Koin Di Mario Bross


Kalo temen2 menganggap bahwa balok yang berisi koin pada game Mario bross merupakan fitur awal dari game ini, maka anggapan itu salah, karna nyatanya hal tersebut awalnya merupakan sebuah glith/bug dari game Mario bross. Nintendo selaku pengembang dari game Mario bross telah memperbaiki glitch tersebut, sebelum pada akhirnya mereka memutuskan untuk menjadikan glitch tersebut sebagai salah satu fitur game mereka. Mereka merasa bahwa glitch tersebut dapat menambah keseruan dari game mereka, dan hal tersebut terbukti, karena sampai sekarang game ini telah memiliki jumlah penggemar yang banyak.

Lara Boobs Di Tomb Raider

Siapa yang tidak mengenal mba lara croft dari serial tomb raider. Wajah cantik dan body sexy tersebut membuat player makin jatuh cinta dengan karakter satu ini. Tapi nyatanya pada karakter lara croft terdapat sebuah kesalahan, yaitu pada bagian yang paling menonjol ditubuh indahnya. Nah, saat merancang model karakter lara croft, seorang desainernya tak sengaja membuat ukuran dadanya menjadi lebih besar dari yang telah ditentukan yang seharusnya hanya 50 persen menjadi 150 persen. Tapi untuknya kesalahan ini justru menjadi sebuah strategi penjualan dari game sekuel Tomb Raider yang sekarang justru popular dan laris di pasaran. Hingga sekarang pun karakter Lara ini tetap mempertahankan glitch tersebut sebagai salah satu nilai jual game ini.

Fitur Deny Di Dota 2

https://images2.minutemediacdn.com/image/upload/c_scale,w_912,h_516,c_fill,g_auto/shape/cover/sport/59206fa1d4be0a6eeb000001.jpeg
Salah satu fitur menarik dari game Dota 2 adalah adanya last hit, yakni kamu akan mendapatkan gold tambahan ketika mampu membunuh musuh dengan pukulan yang terakhir. Hal ini terdengar mudah, namun sebenarnya tidak karena kita akan berebut last hit dengan teman setim, di sisi lain hero musuh juga akan mencoba melakukan deny creep untuk mencegah lawan mendapatkan last hit.
Fitur deny ini sendiri pada awalnya bukan menjadi bagian rencana pengembangan game ini oleh Icefrog sebagai developer. Hingga kemudian ditemukannya glitch, yang mana pemain dapat menyerang unit mereka sendiri. Nah, glitch tersebut dianggap dapat melengkapi game ini sebagai salah satu fitur untuk mencegah musuh melakukan last hit. Alasan inilah yang kemudian membuat Iceforg mengubah bug tersebut menjadi salah satu fitur menarik game Dota 2 untuk memperkaya taktik dan membuat permainan menjadi lebih seimbang.

Bug Ai Race ‘n Chase

https://blognyapengutiptop.files.wordpress.com/2014/11/bac30-racenchase.jpg
Pasti temen2 sudah sangat familiar dengan game grand thief auto yang merupakan seri game terbaik didunia, nah tau nga sih bahwa ide awal pembutan game GTA ternyata terinspirasi dari sebuah glitch/bug dari game race n chase
Race ‘N Chase sendiri ini merupakan game yang bergenre top-down action, alias pemain diperbolehkan bermain untuk memilih dua peran. Di dalam game ini sendiri pemain dapat memilih sebagai seorang polisi atau penjahat. Namun, rupanya game ini justru memiliki segudang masalah, yakni salah satunya adalah ditemukannya bug yang dapat mengubah AI polisi menjadi pembunuh kejam. Jika pemain tak sengaja menyenggol polisi, maka mereka akan mengejar dengan cara apa pun untuk bisa menangkapmu, termasuk membahayakan warga kota di dalamnya. Mereka akan menggila dan menabrak apa pun yang menghalangi langkah mereka untuk mengejarmu. Nah dari situlah inpirasi pertama Rockstar dalam mengembangkan game grand thief auto.

Rocket Jumping Glitch

https://steamuserimages-a.akamaihd.net/ugc/94974552815006861/CE29DF433720D7FE45EE872E0C58F93FAA51167B/
Game Quake merupakan game FPS yang didesain dengan gameplay cepat. Namun, pemain memiliki beberapa trik khusus untuk membuat permainan menjadi lebih seru dan lebih cepat lagi, yaitu salah satunya adalah memanfaatkan rocket jumping. Glitch ini memungkinkan pemain dapat melompat tinggi dengan cara menembakkan roket di tanah. Dengan cara ini, pemain dapat terbang lebih tinggi dan membuat player dapat melewati dinding dengan mudah.
Glitch ini kemudian dijadikan fitur khusus di dalam sekuel lanjutan dari game ini, yaitu Quake III Arena. Tidak sampai di situ, trik khusus ini kemudian juga dipakai untuk beberapa game FPS popular seperti Team Fortress 2 dan Overwatch.

Creeper Di Minecraft

https://www.cherrycomputers.com.au/wp-content/uploads/2017/10/FATGUT5GLWQZXF0.MEDIUM.jpg
Di masa awal pengembangan Minecraft, Markus Persson yang seorang programmer game dan desainer ingin membuat sebuah NPC babi. Namun secara tak sengaja, ia justru salah menaruh angka-angka pada kodenya, yang terjadi malah bukan karakter babi yang dia dapatkan, justru yang terbentuk adalah sebuah karakter menyeramkan seperti zombie.
Tapi untuknya karakter salah ini malah bisa menjadi bagian dari game dan digunakan menjadi sebuah karakter musuh yang bernama creeper yang siap mengejar dan meledakkan diri jika player tertangkap.
Ok guys itulah list 7 glitch/bug yang malah menjadi bagian dari sebuah game. Dan dari list ini kita bisa belajar bahwa suatu kesalahan mungkin bisa menjadi sebuah kesuksesan tergantung dari cara pandang kita. Hehehe… OK jangan lupa like dan share konten ini jika kalian suka dan juga silahkan koment dibawah.


0 komentar:

Post a Comment