WHAT'S NEW?
Loading...

Beberapa Produk Apple Yang Gagal

Keberhasilan Steve Jobs dalam melambungkan Apple memang sangat luar biasa. Berbagai produk yang diluncurkan di bawah kepemimpinan Steve Jobs yang menjadi tren teknologi di seluruh dunia saat ini. Meskipun begitu, Steve Jobs juga pernah meluncurkan beberapa produk yang bisa dibilang gagal di pasaran. Berikut ini beberapa produk gagal yang diproduksi oleh Apple.


1. Apple III (981)
Pengganti Apple II yang sangat populer, adalah Apple III dengan fokus pada bisnis dan harga. Sayangnya, perangkat keras produk ini tidak dapat dihandalkan. Sehingga Apple kehilangan pasar bisnis oleh PC IBM yang meluncur pada tahun yang sama dan secara cepat menguasai pasar PC.


2. Lisa (1983)
Komputer komersial pertama yang diproduksi dengan kemampuan antar muka pengguna grafis. Namun, harganya yang 9.995 Dollar Amerika ketika diluncurkan, terlampau mahal bagi orang Amerika kala itu. Kejatuhan Lisa juga diperparah dengan isu bahwa komputer Macintosh yang harganya jauh lebih murah, akan diluncurkan pada tahun yang sama.


3. NeXT Computer (1989)
Perusahaan Steve Jobs setelah dikeluarkan oleh Apple adalah NeXT. Perusahaan ini membuat komputer yang memiliki kemampuan seperti Apple III dan Lisa. Meskipun begitu, produk perusahaan ini lagi-lagi terlalu mahal untuk dibeli oleh pengguna mainstream.


4. The Cube (2000)
Produk ini merupakan desktopat berupa komputer kecil dengan tempat berupa kotak plastik transparan. Produk ini memenangkan penghargaan desain, tetapi gagal di toko karena harganya yang tinggi. Selain itu, produk ini juga tidak menawarkan manfaat yang fungsional dibandikan produk Mac lainnya.
Desain Apple memang sangat ikonik, tetapi masyarakat selalu tidak berniat untuk membayar mahal untuk rancangannya saja. Ide Cube pada akhirnya hidup dalam Mac Mini dan lebih sukses.

5. Apple TV (2007)
Apple juga sempat merilis perangkat TV nya yang dapat terkoneksi dengan komputer Mac. Produk ini hanyalah kotak kecil yang terkoneksi ke TV dan ke Mac di dalam rumah yang dilengakapi dengan sebuah remote kecil yang dapat digunakan untuk memainkan musik dan film dari komputer di TV. Meskipun begitu, produk ini cukup mahal dengan biaya sebesar 249 Dollar Amerika dan juga produk ini sangat rumit untuk dipasang dan digunakan. Film yang dijual di iTunes pun memiliki resolusi yang rendah dan buram bila di lihat d HDTV. Pada 2010 Apple memperkenalkan lebih banyak inplementasi. Rancangan Apple TV yang lebih murah terkoneksi secara langsung ke Internet.


0 komentar:

Post a Comment