WHAT'S NEW?
Loading...

Hal Baik dan Pelajaran Hidup yang Bisa Kita Dapatkan Dari Bemain Game

Game kadang di jadikan kambing hitam saat melihat seseorang hanya bermalas-malasan didepan computer. Kebanyakan orang awam menganggap game hanya sebatas hiburan yang hanya di lakukan di waktu luang, dan tidak untuk menjadi hobi yang baik. Saat mendapati seorang anak yang tidak mau bersosialisasi dengan lingkungan dan menjadi malas game yang lah yang dituduh sebagai penyebabnya. Tidak bisa dipungkiri memang game bisa berdampak buruk, tapi apakah bijak jika kita hanya menilai sesuatu hanya dari satu sisi saja. Kebanyakan orang hanya melihat game dari dampak negative yang ditimbulkan tanpa mencari dampak positif yang juga bisa didapatkan dari bermain game.
Kali ini initial_zeven akan coba mengulik tentang pelajaran hidup yang biasa kita dapat dari bermain game. Dan itu semua bisa kita dapat dengan pandangan positif kita tentang game.

Arti kerja keras

Dalam bermain game kita bisa belajar tentang semangat kerja keras. Untuk melalui setiap tahapan atau level dalam game kita harus berusaha cukup keras untuk bisa melewatinya. Tak jarang kita bisa menghabiskan waktu berjam-jam hingga bisa menyelesaikan suatu level tergantung kesulitan yang kita mainkan. Disini kita belajar tentang kerja keras untuk mencapai suatu tujuan dan mendapatkan sebuah reward yang sepadan dengan kerja keras kita.

Balajar kerja sama

Dalam game online dimana kita bisa bermain dengan teman ataupun orang yang tidak kita kenali dari seluruh dunia barmain dalam satu game tentu sangat mengasyikan. Dan tujuan dari game online adalah bermain bersama untuk menyelesaikan suatu tantangan ataupun versus dengan player lain. Di mana di dalam 1 team harus memiliki kerja sama yang baik. Disini kita bisa belajar tentang kerja sama dengan teman kita, menyatukan pikiran, strategi, keputusan akan sangat penting dalam kerja sama dan itu semua bisa kita dapatkan dari bermain game online.

Belajar menghargai sesuatu

Dalam sebuah game kita akan selalu diberikan reward dari setiap apapun yang kita capai. Itu berarti para player dihargai dari setiap kerja kerasnya untuk mencapai suatu tujuan. Tidak seperti di kehidupan nyata yang kadang setiap usaha kita sama sekali tidak berharga di mata orang lain “kadang-kadang”. Dan player yang baik adalah player yang bisa menghargai player lainnya.

Arti kesetiaan

Menurut saya kesetiaan merupakan ciri-ciri dari seorang gamers, bagaimana tidak seorang gamers sangat setia pada game-gamenya, begitupun dengan game yang sangat setia untuk menemani kesendirian kita “-_- malah curhat”. Tak hanya itu banyak juga game yang memilih tema kesetian menjadi dasar dari cerita gamenya. Contohnya saja game-game seperti. Call of Duty, Last Guardians, Recore yang sangat kental dengan cerita kesetiakawanan yang bisa kita pelajari. 

Mangasah Kemampuan Pengambilan keputusan

Dalam beberapa ganre game kita dituntut untuk cepat berfikir dalam mengambil sebuah keputusan.kita bisa saja gagal dalam suatu level karena kita terlambat sepersekian detik dalam mengampil keputusan untuk bertindak. Disini kita bisa mengasah kemampuan kita ini karena pastinya kemampuan pengambilan keputusan akan sangat berharga suatu hari nanti.

Mengasah kemampuan otak

Beberapa ganre game memang dibuat untuk melatih kemampuan otak dari player. Seperti ganre strategy, klasik, dll. Kita tidak hanya menggunakan kemampuan bermain game semata tapi kita juga harus berfikir untuk menyelesaikan semua teka-teki yang ada. Dan bermain game bisa sangat ampuh untuk melatih kemampuan otak kita.

Melatih Kemampuan Multitasking

Multitasking merukapan kamampuan untuk dapat melakukan beberapa pekerjaan secara bersamaan. Kemampuan unik ini bisa kita kembangkan dari bermain game, contohnya saja dalam game bergenre FPS (First Person Shooter) kita dituntut agar dapat mensinkronkan kecepatan mata, tangan, dan otak secara bersamaan dan beberapa contoh game yang lain. Ini bisa membuat seorang gamers mampu memiliki kemampuan multitasking dibandingkan non-gamers.

Mengasah Kemampuan Management

Mungkin banyak yang menganggap seorang gamers sangat buruk dalam memanage dirinya sendiri, bagaimana tidak seorang gamers kadang menghabiskan separuh harinya hanya untuk bermain game hingga melupakan kegiatan lain seperti makan, mandi, dan bahkan beribadah. Tapi kemampuan memanage bisa kita dapatkan dari bermain game. Contohnya saja game yang menuntut kita untuk bisa mengatur skill, item, keuangan yang kita butuhkan untuk melewati sebuah level. Disini kita harus bisa mengatur semuanya agar dapat efesien, jika kita membuat kesalahan dalam memanage kita bisa saja kalah, kehilangan semuanya atau bahkan rugi. Game-game yang bisa mengasah kemampuan manage kita seperti the sims, sim city, city skyline, Anno 2077 dimana dalam game-game tersebut kita dituntut untuk bisa memanage character kita, kota, negara, bahkan planet.

Bisa Belajar Bahasa Asing

Ya semua basic dari game pasti menggunakan Bahasa international yaitu English, disini kita bisa sambil bermain dan belajar Bahasa international ini. Ini merupaka nilai plus dari game, hampir kebanyakan gamers bisa mahir berbahasa English dikarenakan mereka barmain game.

Merasa Awet Muda

Mungkin kita pernah mendengar kata “Kamu bermain game terus, kamu seperti anak kecil saja”, mungkin kalimat tersubut bisa bermakna ejekan, tapi bisa juga dimaknakan pujian karna kita dianggap memiliki jiwa muda meskipun umur kita sudah tua. Yaa setiap gamers pasti memiliki jiwa yang selalu muda bahkan walaupun umurnya sudah tua dia akan selalu berjiwa muda.


Itulah beberapa dampak positif dan pelajaran yang bisa kita dapat dari bermain game. Jadi game tidak hanya memiliki dampak negative saja, tapi disitu juga ada dampak positif yang tak kalah. Mudah-mudahan dengan artikel ini bisa merubah perspektif orang-orang tentang game dan ingin ikut juga bermain agar populasi gamers mekin banyak. Pffftt.

0 komentar:

Post a Comment